Senin, 25 Juni 2012

Saatnnya Liburan, Awas Anak Jangan Sakit!


Libur tlah tiba, libur tlah tiba.....Ya, liburan adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak.  Saatnya kita  sebagai orang tua untuk lebih dekat dengan anak-anak, jangan sampai momen ini hilang begitu saja.
Rencana liburan sebaiknya sudah direncanakan jauh-jauh hari. Lokasi liburan dan aktivitas menarik yang dapat dilakukan bersama anak-anak pun telah dirancang matang. Tapi, hati-hati, Ma, sakit tidak kenal waktu libur.

Bila anak tiba-tiba terserang penyakit, bisa jadi rencana liburan berantakan. Rugi, kan? Apalagi, jika virus yang menyerang anak cukup ganas. Seperti, hingga dapat menyebabkan anak mengalami demam tifoid . Alih-alih, biaya liburan dapat berubah jadi biaya ke dokter atau bahkan rumah sakit.

Nah, agar anak kebal penyakit dan tidak rentan terserang virus, ada beberapa cara yang bisa Mama lakukan, di antaranya:



- Pilih jajanan sehat
Tahukah Ma, sumber penularan penyakit bisa lewat air minum dan makanan yang tercemar  kuman atau bakteri. Banyaknya jajanan tidak sehat di sekolah atau di rumah, membuat anak tidak menyadari adanya bakteri yang bisa menempel di jajanan.
 Karena itu, ajarkan anak pandai-pandai pilih jajanan bersih dan sehat. Minta anak untuk melihat situasi sekitar, apakah banyak lalat yang hinggap di makanan. Jika berada di tempat kotor, otomatis akan banyak lalat yang datang dan menempel di makanan. Ini juga berbahaya buat kesehatan. 

- Jaga pola makan sehat
Saat liburan, biasanya anak akan lebih aktif bergerak. Asupan gizi bagi anak aktif juga perlu dijaga. Sama seperti mobil yang memerlukan bensin, tubuh anak juga membutuhkan asupan energi sebelum mulai beraktivitas.

Pilih jenis makanan yang banyak mengandung karbohidrat sebagai sumber tenaga, seperti nasi, kentang, ubi, dan roti. Ditambah, protein hewani dan nabati serta serat agar anak dapatkan gizi seimbang.  Setelah makan, jangan lupa minum air putih.  Perlu diingat, anak-anak tidak boleh kekurangan cairan selama beraktivitas

Dan, agar daya tahan tubuhnya optimal, perbanyak asupan buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin A, C, D, E, omega 3 serta makanan sehat lainnya.

- Cegah penularan virus dengan cuci tangan
Sebagai anggota tubuh yang paling banyak bersentuhan dengan benda-benda di sekitar anak, tangan juga bisa menjadi perantara penularan berbagai penyakit. Mencuci tangan secara teratur dan benar adalah salah satu cara paling sederhana dan efektif mencegah penularan kuman dan bakteri.

Rajin-rajinlah mengajak anak mencuci tangan memakai sabun, terutama yang masih suka memasukkan tangan dan segala sesuatu ke dalam mulutnya. Gunakan sabun antibakteri yang dapat mematikan kuman dari permukaan kulit.
 
Sumber: parenting.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar